Sulsel Posisi Kedua Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan

Sulsel Posisi Kedua Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan

MAKASSAR - Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman berhasil membawa Provinsi Sulawesi Selatan berada pada urutan kedua secara nasional untuk hasil pengukuran indeks pembangunan ketenagakerjaan (IPK) tahun 2021. Hal itu berdasarkan penilaian dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. 

Atas peringkat kedua itu, Sulsel mendapat IPK 67, 38 dengan status menengah atas. Sementara di posisi pertama diraih oleh DKI Jakarta dengan IPK 76, 11 atau hanya berbeda 8, 73 dari indeks yang diperoleh Sulsel.

Namun jika berdasarkan tingkat intensitas dan beban kerja pemerintah daerah bidang ketenagakerjaan (Peraturan Menaker No.  28 tahun 2016 tentang hasil pemetaan pemerintahan daerah di bidang ketenagakerjaan), untuk kategori besar, Sulsel berada pada urutan pertama dengan indeks 67, 38.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Tautoto Tanaranggina menyampaikan, bahwa nilai IPK yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI. "IPK adalah alat untuk menilai proses pelaksanaan pembangunan ketenagakerjaan, sekaligus diagnostik dan evaluasi kondisi pembangunan ketenagakerjaan secara komprehensif dan holistik, " jelasnya.

Adapun tujuan pengukuran IPK ini, kata dia, "untuk mengetahui hasil pembangunan ketenagakerjaan, secara keseluruhan maupun program di setiap daerah; menyusun peta pembangunan ketenagakerjaan; bahan evaluasi dan penyusunan kebijakan dan program pembangunan ketenagakerjaan; dasar pembinaan pembangunan ketenagakerjaan di daerah; dan pengusulan program pembangunan ketenagakerjaan.

Pria yang akrab di sapa Toto ini menyebutkan, bahwa ada 9 indikator penilaian hingga menghasilkan nilai IPK. "Yakni perencanaan tenaga kerja, penduduk dan tenaga kerja, kesempatan kerja, pelatihan dan kompetensi kerja, produktivitas tenaga kerja, Hubungan industrial, kondisi lingkungan kerja, pengupahan dan kesejahteraan pekerja, jaminan sosial tenaga kerja, " terangnya.

Capaian ini, menurutnya tak terlepas dalam arahan langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Terlebih mengenai hak bagi para pekerja.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, "Alhamdulillah, hasil pengukuran indeks pembangunan ketenagakerjaan tahun 2021 Sulsel berada pada peringkat kedua. Sementara, tingkat intensitas dan beban kerja pemerintah daerah bidang ketenagakerjaan, Sulsel berada pada posisi pertama, " ungkapnya.(***)

Makassar Sulsel
Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed

Previous Article

Plt Gubernur Sulsel Bersama Forkopimda Komitmen...

Next Article

Kapolres Pangkep Try Handoko Wijaya Putra...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 189

Postingan Tahun ini: 189

Registered: Jul 16, 2020

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 187

Postingan Tahun ini: 187

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 121

Postingan Tahun ini: 121

Registered: Jul 9, 2020

Ayu Amalia

Ayu Amalia

Postingan Bulan ini: 118

Postingan Tahun ini: 118

Registered: Nov 25, 2021

Profle

Muh. Ahkam Jayadi verified

Polres Barru Amankan 2 Wanita Terduga Pengedar Uang Palsu
Kebakaran di Mangkoso, 1 Tewas dan Kerugian Ditaksir Rp800 Juta
Polresta Banyuwangi Gelar Olah TKP di Heroes Cafe Pasca Penggerebekan Tarian Striptis

Follow Us

Recommended Posts

Kejar Capaian Target, Kepsek SDN 33 Bilango Arifin Pelo Gelar Vaksinasi
Hendak Halau Mobil Rampas, Kanit Tipikor Polres Jeneponto Dibawa Kabur OTK
Lintas Agama Deklarasikan Dukung Pemprov Sulsel Kebut Vaksinasi
Luwu Utara Raih Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 
Kunjungan Wakil Bupati Hj Suhartina Bohari Ke LPKA Kelas II Maros Jadi Suntikan Motivasi dan Spirit Bagi ANDIKPAS